orang padang itu,,,

Posted On December 27, 2008

Filed under Uncategorized

Comments Dropped 12 responses

“oh,,,kamu orang padang yah?”

sering terdengarkalimat seperti itu kalo seseorang berkenalan dengan orang padang,,

sering kali di kacamata banyak orang, orang padang itu beda dengan kebanyakan suku bangsa lainnya,,hal itu tidak kami pungkiri karna memang adat dan budaya orang padang yang notabene bersuku bangsa minangkabau itu memang berbeda dengan adat dan kebudayaan lain di Indonesia. hal yang paling kentara adalah dalam sistem garis keturunan,suku minang adalah satu2nya suku yang menganut paham matrilineal,dimana garis keturunan berasal dari ibu,,

namun seiring dengan bergulirnya waktu,,pergaulan masayarakat minang pun telah meluas ke seluruh penjuru  bahkan dunia,,perbauran antara suku minang dengan suku bangsa lain telah memberikan kesan tersendiri oleh orang2 luar minang terhadap orang minang,,baik itu kesan positif maupun kesan negatif,,

diantara kesan2 yang sering dilontarkan antara lain:

  • orang padang itu pelit,,,hmmm,,,kenapa kita dibilang pelit yah??sumpah gerah bgt klo nonton salah satu sitkom di indosiar yang menampilkan sosok keluarga minang yang pelit abis,,ga segitunya juga kali,,kalo menurut gw sih orang padang itu bukan pelit,,namun sangat selektif dan bijak dalam me manage uang,,tak ingin uang itu keluar sia2,,kayaknya pelit itu adalah sifat yang ada dalam diri seseorang,,kalo seorang pada pelit,itu buikan karna dia orang padang,,tapi klarna emang dia nya aja yang pelit,,hoho
  • cewek padang itu dominan,,komentar seperti ini sering bgt didenger,,sampe ada yg takiut punya pacar cewek padang,,,klo menurut gw,istilah dominan mgkn krg tepat,cewk padang itu tipikal cwek yang ga cuma nurut aja apa kata suami atau pacar mereka,,mereka terbiasa untk bersuara/berpendapat dalam menjalani sebuah hubungan,ini dikarnakan posisi wanita di minangkabau sgt dihormati,,di minang pendapat seorang wanita sgt dihargai dan wanita tidak dianggap sbg bawahan lelaki dalam sebuah rumah tangga,melainkan dianggap sbg partner/mitra lelaki dalam kehidupan  berumah tangga,namun terlepas dari semu itu,,wanita minang tetap menghargai suami mereka sbg kepala rumah tangga dan penanggung jawab utama dlm keluarga. jadi keluarga yang terbina akan menjadi keluarga demokratis yang mengahargai setiap pendapat,,ga ada yg cuma manut2 aja,,hehe,,jgn takut wahai para pria,,justru disinilah tantanganya,,mampukah anda menjadi kepala rumah tangga yang arif dan bijaksana??hehe,,wanna try??
  • cewek padang jago masak,,hehe,,komen positif sepertinya=)
  • cowok padang pasti nyari cewek padang lagi,,hmmm,,,sebagai mana perkataan seoramg teman “minag juo di den nyo,,yamg lain bialah indak” hehehe,kenapa yah??kita tanyakan saja pada para cowok padang,,,mungkin kasian anaknya nanti ga punya suku klo nikah sm yg bukan cewek padang,,tapi ini sih tergantung hati,,
  • rata2 cwek padang berkerudung,,alhamdulillah,,ini komen positif lagi,,hihi

itulah beberapa komen dari orang di luar sana ttg org padang,,tak ada maksud apa2 dgn tulisan ini,,cuma lagi pengen berbagi,,hehe,,klo ada tambhan tulis aja di komen,,okeh2???

terlepas dari semua komen itu,,aku akan selalu bangga menjadi orang minangkabau!!!!!

12 Responses to “orang padang itu,,,”

  1. Rika

    cewe padang jaman sekarang tuh mulai merambah menyukai cowo sunda..hohoho atau cuman kamu doank pim?! hee,,

    btw.. kapan kau ajarkan ak masak pim😉 mumpung libur niii,, hehehe

  2. iphiem

    Hoo,,hoo,,hoo,,
    ngngng,,
    pria sunda yg beruntung itu yg bisa mendapatkan wanita padang=D(narsis mode on)
    oh iya,wanita sunda jaman skrg jg byk yg merambah k pria padang koq,,uuppss,hehe
    ayo qt masak2!!!

  3. Sutan Rajo di Langik

    at least setuju sih ama pendapatnya,
    tapi klw utk Cowok padang (minang ya) nyarinya cewe minang juga, utk beberapa orang sih iya, bahkan ce minang umumnya juga nyari co minang. Klw saya mah tergantung jodoh, tapi karena sejauh ini yang nampaknya baik adalah ce minang, lanjutin aja dulu.. hehehehehe

    BTW, cowok minang juga ada yang jago masak.. Iya ga Phim??
    (ongeh mode: On)

  4. limpo50

    Padang, rujukan melayu buat Indonesia.
    Majulah Padang…
    Salam

  5. putry pp purwanti

    emm,,,tidak semua ce minang jago masak,,dan tidak semua cewek non-minang g jago masak,,

    iya,,ya,,kasihan juga cowok minang yg dapet cewek non-minang,,apalagi ceweknya blasteran (jawa-batak misalnya)
    ckckck,,kasihan kw nak,,

    “minang jo di den nyo,,yg lain bialah indak..”..emm sepertinya aku akrab dengan tulisan ini,,ada dimana ya???

  6. Sutan Rajo di Langik

    put, curhat???
    hahahahaha

  7. Rikie

    skedar mampir aja nih. cuma heran aja liat hari gini masih ada yang membahas suku ini suku itu. gak usah belagu sok beradat dah. gak ada tuh suatu agama yg memerintahkn umatnya untuk mematuhi adat sukunya masing2. semua trgantung manusianya brur. ahlaknya, latar belakang klrgnya dan lingkungannya, ibadahnya, pndidikannya. tp yg jelas bukan sukunya. satu prtanyaan yg lngsng mmbuat gw merendahkan image seseorang adalah klo ada yg menanyain gw suku apa. bukannya gak mnghormati leluhur tp dari prtanyaan itu gw udah lgsng tau klo tu orang manusia kuno yg merasa pintar krn merasa udah tau sifat2 suatu suku. na’udzubillah min dzalik ! gw gak tau gw suku apa. gw indonesia saja.

    huh… pertahankan kalian tuh budaya belanda.
    kasihan…

  8. Miko

    Cew padang? Ampun,bnr2 ga pny hati,kt pcran 3thn dah mau maried kurang 1 mggu dia kenal ama co br gr2 naik mbl mewah kt batal nikah dgr2 skrg ditinggal pergi dgn 1 ank pas bayinya umur 15hr weke karma kan,tmen gw lbh parah dah maried anak 1 gr2 nkh tanpa restu ortu cew nya. yg cew ijin plg lebaran krna udh 2 lebaran g pulang, udh 5thn ga pernah blk ke jawa, kalo g percaya bs mail me gw ga ngarang crta, pas gw pts n ga jd nikah dl tmen2 gw mlh ksh selamat ga jd nkh ama ank pdg

    • iphiem

      @miko:
      kalo kayak yang mas miko critain sih,,itu bukan masalah cewe padang ato bukan,,tapi itu masalah cewe matre,,harusnya sebelum memilih pacar di seleksi dulu,,dia matre apa bukan,,jangan2 dulu sebelum jadian dgn mas dia jg meninggalkan pacarnya gr2 ngeliat mas bawa mobil mewah,,pasti kejadian akan berulang lagi klo dia liat cowok dgn mobil yg lbh mewah drpd yg mas punya,otomatis dia bakal ninggalin mas juga kan. cewe matre mah ga pandang bulu,,ga pandang suku,,mau dia dari suku minang,batak,jawa,bugis,kalo emang udah matre ya matre aja,cuma kebetulan yg menyakiti mas itu cewe padang, coba klo orang batak,pasti mas jg akan nge-judge cewe batak ga berperasaan kan??tolong jangan mengeneralisir gitu dong,,ga semua wanita padang kaya gitu,itu cuma oknum,jangan cuma karna anda pernah tersakiti oleh seorang cewek padang,lantas mas jadi mengenerelisisr semua cewe padang begitu,,buka mata aja,,banyak kejadian yang sama seperti anda,dan pelakunya bisa siapa aja kan?tanpa pandang dari suku manapun,jadi masalah yg mas alami bukan masalah kesukuan, tapi masalah personal.
      walau bagaimanapun saya tetap bangga menjadi perempuan minang dengan segala didikan budi pekerti dan budaya minang yang diwariskan kepada saya^_^

  9. iphiem

    @rikie: ga ada maksud nulis blog ini untuk membeda2kan suku,,saya setuju dengan anda, yang menentukan kualitas seseorang adalah akhlaknya, pendidikannya, keluarganya. disini saya cuma ingin mengulas tentang asumsi orang luar minang terhadap orang minang itu sendiri. tapi saya kurang sepaham kalo ada seseorang bertanya “anda berasal dari mana?” langsung di-judge sbg orang yg kuno karna masih berpikiran sempit,hari gini masih bahas suku. kalo saya pribadi sih, biasanya kalo saya melontarkan pertanyaan seperti itu adalah karna saya ingin lebih akrab dengan lawan bicara. jika kita tau dari mana ia berasal kita akan lbh tau cara berkomunuikasi yang baik dengannya, misal, jika ternyata lawan bicara saya adalah orang sunda yang notabene memiliki budi bahasa yang halus, maka tidak sepatutnya jika berbicara dgn orang sunda kita menggunakan intonasi yang keras layaknya berbicara dengan orang batak, karna nanti malah dikira lagi marah.
    saya juga orang indonesia kok, tapi leluhur saya berasal dari minangkabau. saya cinta indonesia seperti saya mencintai kampung halaman saya di ranah minang sana. indonesia tak akan ada kalo tidak ada suku2 bangsa yg berbeda2 ini, cintai perbedaan demi persatuan dan kesatuan bangsa^_^

  10. rere

    hmm…klo cowo padang sampe nikah sm yg bukan padang, ada konsekuensi lainnya gak dengan para kerabat di kampungya?😦

  11. iphiem

    @rere : hmmm,,,kalo itu sih tergantung gimana orang tua nya n tradisi dikampungnya,,kayanya sih jaman sekarang udah ga ada konsekuansi yg berat2 lagi,,paling cuma anak mereka nanti ga mewarisi suku minang,n ga dapat harta pusaka,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s